readbud - get paid to read and rate articles

Kamis, 17 Juni 2010

Ford GT Pecahkan Rekor Kecepatan 1 mil 429,52 km/jam


Adu cepat jarak satu mil (One Mile Racing) kini memiliki juara baru, ketika Ray Hofman dengan Ford GT yang dijalankan dengan mesin twin-turbo 1.900hp RWD berhasil membukukan catatan kecepatan 266,9 mil/jam di garis finis atau 429,52 km/jam dua pekan lalu.


Ford GT yang dimodifikasi oleh Heffner Performance ini berhasil menyingkirkan dua pesaing penyandang gelar mobil jalan raya terkencang . Sebagai catatan, Bugatti Veyron dengan 16 silinder plus 4 unit turbonya, hanya berhasil mencatat kecepatan 200 mil/jam (321,86 km/jam) setelah melewati 1 mil. Hofner kini berniat menembus angka 280 mil/jam (450,60 km/jam).

Olahraga bermotor telah berusia lebih dari seabad dan itu sangat logis bila bentuk kompetisi berkembang terus sampai pada bentuk drag race hingga drifting. Dan yang ini adalah bentuk baru balap kecepatan yang digelar dua tahunan di landasan terpencil dekat kota kecil Goliad di Texas.
Adu kencang 1 mil Texas diadakan tiap bulan Maret dan Oktober di lapangan udara Goliad sejak 2003. Kegitan tersebut telah menarik perhatian nasional dan reputasi global.

Pada dasarnya, siapa pun boleh boleh ikut serta dan ini adalah kesempatan di mana Anda bisa menjalankan motor atau mobil jalan raya untuk mencoba kemampuan maksimalnya tanpa harus khawatir terkena tilang dan hukuman penjara untuk melihat seberapa kencang kendaraan Anda bisa berlari setelah 1 mil.
Popularitas 1 mil Texas memicu tumbuhnya sejumlah kegiatan serupa di seantero Amerika Serikat. Pada tanggal 28 April acara serupa diadakan di Dade-Collier Airport di Florida. Acara ini tidak main-main dan sangat serius dalam upaya menjadi ‘mobil jalan raya tercepat di dunia’.

Bahkan kegiatan ini berhasil memecahkan rekor dunia sebanyak dua kali. Yang pertama jatuh pada Lamborghini Gallardo TT dengan kecepatan 255 mil/jam (410 km/jam), kemudian dipecahkan oleh Ford GT yang telah dimodifikasi berat oleh Heffner Performance dengan 429,52 km/jam.Kedua mobil tersebut merupakan kendaraan yang memenuhi persyaratan di jalan raya dan keduanya dikemudikan dan dimiliki oleh Ray Hofner, seorang Presiden dan CEO dari Peak Comlpetion di Midland, Texas.

Ford GT kuning milik Hofner dilengkapi dilengkapi transmisi manual standar 6 tingkat percepatan, dijalankan dengan blok dan kepala silinder mesin biasa, masih mempertahankan pendingin udara (AC), power windowdan central locks, orisinal tanpa ada modifikasi aerodinamika selain melepas spion.
Modifikasi untuk Hofman Motorsports Ford GT diantaranya twin-turbocharger yang diinstal oleh Heffner Performance, jeroan mesin oleh Accufab Racing dan pekerjaan tuning dan kelistrikan oleh Sakata Motorsports. Mesin twin-turbo ini dilaporkan mampu menghasilkan 1.900bhp dan berhasil memecahkan rekor melawan kecepatan angin 29 km/jam.

Sepertinya rekor ini akan segera tersingkir karena, sang pemegang rekor, Ray Hofman, sudah memiliki ambisi baru untuk bisa menggapai 280 mil/jam (450,60 km/jam) dalam waktu dekat. Semoga kali ini faktor aerodinamika juga dipertimbangkan, karena untuk membuat sebuah jumbo jet 747 lepas landas ‘cuma’ membutuhkan 300 km/jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar